Selasa, 10 Agustus 2010

"DIPILIH TAPI TIDAK SELAMAT..? (BAG.2)


NATS : Matius 25:14-30
Hari ini saya ingin membagikan kenapa hamba yang mendapat 1 TALENTA tersebut melakukan hal-hal yang jahat terhadap tuannya..

Saya mendapatkan 1 hal alasan yang sangat penting yang membuat ia melakukan hal seperti itu...yaitu karena hamba tersebut TIDAK MENGENAL BENAR SIAPA TUAN-NYA..!!!
Demikianlah juga jika saudara dan saya sebagai hamba Tuhan TIDAK MENGENAL BENAR SIAPA TUHAN KITA..kita bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan olehnya...kita lihat di ayat 24, dimana ia bisa mengatakan kepada tuannya " sebagai seorang manusia yang kejam..!! Aneh bukan..? Hamba ini adalah salah satu hamba yang sebenarnya dapat FAVOUR/ KESUKAAN lebih dari tuannya dibanding hamba-hamba yang lain...seharusnya dia sadar bahwa jika tuannya MEMPERCAYAKAN kepadanya 1 TALENTA ( Nilai uang yang sangat besar) itu berarti bahwa Tuan-nya kenal siapa hamba ini...dan seharusnya dia tahu bahwa TUAN-NYA bukanlah manusia yang kejam..!!! Ini membuktikan bahwa hamba ini tidak MENGENAL TUAN-NYA...orientasinya untuk bekerja kepada tuannya hanyalah UANG, dan bukan karena HATI ...saat seseorang MEMPERCAYAKAN SESUATU YANG BERHARGA KEPADANYA ,HAMBA INI MEMBALAS DENGAN KETIDAKPERCAYAAN..!!!

Demikian juga hal ini dapat terjadi dalam hubungan kita dengan TUHAN sebagai MASTER kita...kalau kita tidak mendasari PENGENALAN KITA KEPADA TUHAN DENGAN HATI YANG PENUH CINTA...maka kitapun bisa TIDAK MEMPERCAYAI-NYA SAAT DIMANA SESUNGGUHNYA TUHAN SEDANG MEMPERCAYAI KITA.....baik itu dalam hal pelayanan, harta,rumah-tangga.pendidikan,usaha, nama baik,kepintaran dsb-nya...peliharalah semua itu dan lakukan dengan tepat seperti yang Dia mau dengan CINTA..

Ada beberapa hal buruk yang yang dapat kita lakukan, diakibatkan SIKAP HATI KITA YANG TIDAK MENGENAL BENAR PRIBADI-NYA:

1. Kita Menunda pekerjaan-Nya ( ayat 16-18).
Disaat dua hamba yang lain bersegera melakukan pekerjaan tuannya,menjalankan uang tuannya, hamba yang ini malah menunda dan hanya menyembunyikan uang tersebut kedalam lubang..dan tidak berbuat apa-apa dan tidak berbuah apa-apa...!! Banyak kita menunda-nunda pekerjaan dari Tuhan kita dengan berbagai dalih atau alasan yang paling manusiawi...tidak tahukah kita jika kita menunda-nunda apa yang DIPERINTAHKAN TUHAN kita bisa kehilangan WAKTU TUHAN..! bahkan kehilangan nyawa kita..!
Dalam 2 Samuel 20:4-10, diceritakan tentang seorang Panglima Perang Israel bernama Amasa, yang diperintahkan Daud (raja sekaligus pamannya) sebuah TUGAS untuk mengumpulkan pasukan guna menghadapi sebuah pemberontakan, dan diberikan waktu 3 hari untuk menghadap Raja...tetapi di ayat 5 di 2 Samuel 20 ini dikatakan bahwa Amasa " Menunda-nunda.." apa yang diperintahkan Raja...Amasa menggangap enteng perintah ini...termasuk bukannya kembali menghadap Raja Daud melainkan melakukan " YANG TIDAK DIPERINTAHKAN RAJA-NYA" (ayat 8)..saudara tahu karena Amasa menunda-nunda dan malah melakukan sesuatu menurut kehendak sendiri...Amasa masuk ke tempat, waktu dan orang yang salah....dia bertemu dengan Yoab (orang yang digantikan posisinya oleh Amasa tetapi juga sepupu dekatnya) yang mungkin punya dendam tersembunyi ...Alkitab ceritakan Amasa dibunuh Yoab ditempat itu (ayat 10)

Saudara jangan pernah menunda-nunda PERINTAH TUHAN( termasuk lewat pemimpinmu) karena tanpa kita sadari hal tersebut dapat membawa KEMATIAN kepada kita..!!! Saya senang dengan ungkapan Inggris " LATE OBEDIENCE IS DISOBEDIENCE.." Ketaatan yang terlambat sama dengan Ketidak-taatan.

2.Kita Malas (ayat 16-18).
Hamba ini adalah hamba yang malas...karena itu dia menunda perintah tuannya, dia tidak rajin seperti ke 2 hamba yang lain...karena itu Tuan-nya menyebut hamba ini hamba yang malas dan jahat (ayat 26).

Paulus katakan karena ia yang merasa paling jahat dan mendapat Anugerah Keselamatan yang besar dari Kristus maka ia mau bekerja lebih keras/giat dibandingkan pelayan-pelayan Tuhan yang lain, bahkan ia rela berjerih lelah,kerja berat dan siap hadapi masalah yang datang hanya untuk tetap lakukan PERINTAH TUHAN-NYA..( 2 Korintus 11:27).

Kemalasan rohani adalah sebuah kejahatan dihadapan Tuhan...

3.Hati yang beku/kaku (ayat 16& 25).
Hamba ini bisa menggambarkan kondisi hubungan kita dengan Tuhan...hamba ini tidak siap menerima hal-hal baru yang diperintahkan tuannya(dengan mempercayakan TALENTA/NILAI UANG YANG BESAR yang harus digandakan),karena ketidak siapan hatinya kepada hal baru...ia balik menggangap tuannya jahat dan ia takut untuk melakukan/melangkah perintah baru dari tuannya...
Saudara dan saya harus memiliki HATI YANG HANGAT/FLEKSIBEL kepada TUHAN... kita harus siapkan hati untuk mau MENERIMA HAL-HAL ILAHI YANG BARU YANG DATANG DARI TUHAN... mungkin itu akan membuat kita masuk ke zona yang baru bagi kita/ belum pernah kita buat bahkan coba...jika saudara dan saya benar-benar HAMBA-HAMBANYA sudah seharusnya kita siap dengan HAL BARU,CARA BARU,PEWAHYUAN BARU,STRATEGI BARU, untuk mendatangkan keuntungan bagi TUAN kita dan KERAJAAN-NYA...Jika kita mengasihi TUHAN kita, kita pasti mau melakukan hal baru dari DIA bukan dengan paksaan atau ketakutan...

Alkitab katakan bahwa TUHAN mau memulai hal-hal yang baru..agar KEHENDAK-NYA dinyatakan atas kita ( Yesaya 43:19;Yesaya 48:6-7).

4.Tidak tahu Otoritas (ayat 27).
Hamba ini tidak mengerti Otoritas Tuannya dalam hidupnya, karena Tuannya mengatakan kepada hambanya jikapun ia tidak menjalankan sempurna yang ia mau, ia masih bisa menjalankan perintahnya melalui orang lain...Tuan ini kenal kelemahan hambanya, tetapi otoritas untuk menggandakan uangnya sebenarnya masih ada dalam diri hambanya, tetapi hambanya tidak MENGENALI itu... Saudara jangan terlalu sering MINTA URAPAN,MINTA DIDOAKAN dsbnya....jika kita sudah dewasa rohani dan kita hamba-hambaNya, tugas terutama kita adalah TAAT saja, karena dengan KETAATAN itu akan membawa kita kepada TEMPAT YANG DISIAPKAN-NYA bagi kita....dan jika kita sudah PAS TEPAT PADA POSISI KITA/TEMPAT KITA DARI TUHAN....MAKA DENGAN SENDIRINYA OTORITAS,PENGURAPAN,ANUGERAH,PERKENANAN bahkan MUJIZATdari Tuhan akan datang dan memenuhi kita....Amin.

Dalam Anugerah-Nya bagiku selalu,

--
BLESSING FAMILY CENTRE SURABAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar