Selasa, 30 November 2010

IMANUEL, "ALLAH ROH KUDUS, Mempersiapkan saya XI" (part 1)

Matius 25:4 "Sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka". Matius 25:13 "Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya." Dalam perumpamaan tentang lima gadis bodoh & lima gadis bijaksana ini, kata "Berjaga-jagalah" menunjuk pada adanya persediaan minyak. Lima gadis bijaksana dikatakan: "bijaksana" sebab mereka TIDAK HANYA MEMBAWA PELITA TETAPI JUGA PERSEDIAAN MINYAK. Karena adanya persediaan minyak untuk berjaga-jaga itu, maka pelita kepunyaan mereka bisa terus menyala. Sehingga mereka bisa menyongsong mempelai laki-laki, sekalipun menpelai laki-laki datang terlambat (datang terlambat = datang pada waktu yang tidak dijaga, diluar perkiraan). MINYAK adalah gambaran ROH KUDUS. Tanpa Roh Kudus tidak mungkin kita mampu bertahan sampai hari kedatangan Tuhan tiba!! Tidak mampu bertahan dalam hal apa??
---> Tanpa Roh Kudus, kita tidak mungkin bisa, tidak mungkin sanggup bertahan untuk terus melakukan Firman Tuhan yang adalah : Jalan. Yesaya 48:17 "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kau tempuh. Apakah perlunya kita mengikuti jalan-Nya Tuhan?? Kita perlu mengikuti jalan Tuhan supaya....... Zakharia 3:7 "Begini firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku, dan Aku akan mengirimkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini". ---> Kalau kita tidak sanggup atau bahkan tidak mau untuk terus berjalan dalam jalan-Nya Allah, maka berarti kita menghadapi bahaya besar, sebab itu berarti : Kita berjalan diluar pagar perlindungan Tuhan & bisa diterkam iblis yang seperti singa yang terus mengintai & hendak melulur mangsanya. Tapi jika kita ada dalam jalan-Nya Tuhan = Allah dipihak kita. Maka siapakah lawan kita TIDAK ADA!! ---> Kalau kita tidak sanggup atau bahkan tidak mau untuk terus berjalan dalam jalan-Nya Allah, maka berarti kita menghadapi bahaya besar, sebab itu berarti : Kita berjalan diluar pagar perlindungan Tuhan & bisa diterkam iblis yang seperti singa yang terus mengintai & hendak melulur mangsanya. Tapi jika kita ada dalam jalan-Nya Tuhan = Allah dipihak kita. Maka siapakah lawan kita TIDAK ADA!! Keluaran 23:20 "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan". Ada orang yang merasa jalannya benar tapi ternyata dia kesasar & sampai di ujung jalan yang bernama "maut". Amsal 14:12 "Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut". Contohnya : SAUL
I Samuel 13:11 Tetapi kata Samuel: Apa yang telah kauperbuat?" Jawab Saul "Karena aku melihat rakyat itu berserak-serak meninggalkan aku dan engkau tidak datang pada waktu yang telah ditentukan, padahal orang Filistin telah berkumpul di Mikhmas, I Samuel 13:12 maka pikirku: Sebentar lagi orang Filistin akan menyerang aku di Gilgal, padahal aku belum memohonkan belas kasihan TUHAN; sebab itu aku memberanikan diri, lalu mempersembahkan korban bakaran." I Samuel 13:13 Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya. I Samuel 13:14 Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu." Dengan Roh Kudus memimpin hidup kita, kita tidak mungkin kesasar, sebab Roh Kudus adalah Allah sendiri, tidak mungkin keliru, tidak mungkin salah. Dengan hidup penuh Roh Kudus, dipimpin Roh Kudus, maka kita akan selalu berhasil, beruntung & selamat selama hidup di dunia ini. Contohnya: DAUD II Samuel 22:7 "Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong masuk ke telinga-Nya. II Samuel 22:17 "Ia menjangkau dari tempat tinggi, mengambil aku, menarik aku dari banjir. II Samuel 22:18 "Ia melepaskan aku dari musuhku yang gagah, dari pada orang-orang yang membenci aku, karena mereka terlalu kuat bagiku". II Samuel 22:20 "Ia membawa aku keluar ke tempat lapang, Ia menyelamatkan aku, karena Ia berkenan kepadaku". II Samuel 22:1 "Daud mengatakan perkataan nyanyian ini kepada TUHAN pada waktu TUHAN telah melepaskan dia dari cengkeraman semua musuhnya dan dari cengkeraman Saul". Mengapa Daud bisa begitu berkenan kepada Tuhan?? Sebab Daud selalu berada pada jalan Tuhan (= memberi diri sepenuhnya untuk dipimpin Roh Kudus).

Blessing Family Centre Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar