Rabu, 22 September 2010

PENGAMPUNAN DOSA

Rom 5:8,"Akan tetapi
Allah menunjukkan
kasih-Nya kepada kita,
oleh karena Kristus
telah mati untuk kita,
ketika kita masih
berdosa."
Ayat tersebut di atas
dikatakan Rasul Paulus
kepada jemaat Kristus
di Roma saat itu untuk
menunjukan betapa
TUHAN mengasihi kita
dan mengutus
AnakNya Yang
Tunggal dan mati bagi
kita, ketika kita masih
berdosa.
Ayat tersebut di atas
juga menunjukan
perbedaan antara
kekristenan dan
agama, mengapa?
Karena agama
berbicara mengenai
usaha manusia
mendekat kepada
TUHAN dan
memperoleh
pengampunan dosa,
tapi kekristenan
berbicara mengenai
usaha TUHAN
mendekat kepada
manusia dan
memberikan
pengampunan dosa.
Dan kini kita akan
membahas mengenai
4 alasan mengapa
TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita, yaitu:
1) Dosa
menghancurkan
hidup kita
Akibat dosa Adam
dan Hawa, kita semua
harus menanggung
akibat sebagaimana
tertulis dalam Kej
3:16-19,"Firman-Nya
kepada perempuan
itu: "Susah payahmu
waktu mengandung
akan Kubuat sangat
banyak; dengan
kesakitan engkau akan
melahirkan anakmu;
namun engkau akan
berahi kepada
suamimu dan ia akan
berkuasa atasmu,
dengan berpeluh
engkau akan mencari
makananmu, sampai
engkau kembali lagi
menjadi tanah, karena
dari situlah engkau
diambil; sebab engkau
debu dan engkau
akan kembali menjadi
debu." Lalu firman-
Nya kepada manusia
itu: "Karena engkau
mendengarkan
perkataan isterimu
dan memakan dari
buah pohon, yang
telah Kuperintahkan
kepadamu: Jangan
makan dari padanya,
maka terkutuklah
tanah karena engkau;
dengan bersusah
payah engkau akan
mencari rezekimu dari
tanah seumur
hidupmu: semak duri
dan rumput duri yang
akan dihasilkannya
bagimu, dan tumbuh-
tumbuhan di padang
akan menjadi
makananmu."; ini
berarti TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita, karena
dosa menghancurkan
hidup kita,
sebagaimana terjadi
pada Adam dan
Hawa.
2) Dosa memisahkan
kita dari TUHAN
TUHAN berkata dalam
Yes
59:1-2,"Sesungguhnya,
tangan TUHAN tidak
kurang panjang untuk
menyelamatkan, dan
pendengaran-Nya
tidak kurang tajam
untuk mendengar;
tetapi yang
merupakan pemisah
antara kamu dan
Allahmu ialah segala
kejahatanmu, dan
yang membuat Dia
menyembunyikan diri
terhadap kamu,
sehingga Ia tidak
mendengar, ialah
segala dosamu."; ini
berarti TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita, karena
dosa memisahkan kita
dari TUHAN.
3) Dosa menjadikan
kita terjajah oleh Iblis
Rasul Paulus berkata
dalam Rom
7:18-26,"Sebab aku
tahu, bahwa di dalam
aku, yaitu di dalam
aku sebagai manusia,
tidak ada sesuatu
yang baik. Sebab
kehendak memang
ada di dalam aku,
tetapi bukan hal
berbuat apa yang
baik. Sebab bukan apa
yang aku kehendaki,
yaitu yang baik, yang
aku perbuat,
melainkan apa yang
tidak aku kehendaki,
yaitu yang jahat, yang
aku perbuat. Jadi jika
aku berbuat apa yang
tidak aku kehendaki,
maka bukan lagi aku
yang
memperbuatnya,
tetapi dosa yang diam
di dalam aku.
Demikianlah aku
dapati hukum ini: jika
aku menghendaki
berbuat apa yang
baik, yang jahat itu
ada padaku. Sebab di
dalam batinku aku
suka akan hukum
Allah, tetapi di dalam
anggota-anggota
tubuhku aku melihat
hukum lain yang
berjuang melawan
hukum akal budiku
dan membuat aku
menjadi tawanan
hukum dosa yang
ada di dalam anggota-
anggota tubuhku.
Aku, manusia celaka!
Siapakah yang akan
melepaskan aku dari
tubuh maut ini?
Syukur kepada Allah!
oleh Yesus Kristus,
Tuhan kita. Jadi
dengan akal budiku
aku melayani hukum
Allah, tetapi dengan
tubuh insaniku aku
melayani hukum
dosa."; ini berarti
TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita, karena
dosa menjadikan kita
terjajah oleh Iblis.
4) Dosa membuat kita
kehilangan berkat,
mujizat dan janji-janji
TUHAN
Pencuri datang hanya
untuk mencuri dan
membunuh dan
membinasakan
Tuhan Yesus berkata
dalam Yoh
10:10a,"Pencuri datang
hanya untuk mencuri
dan membunuh dan
membinasakan."; ini
berarti TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita, karena
dosa membuat kita
kehilangan berkat,
mujizat dan janji-janji
TUHAN.
Sekarang kita baca Kej
3:21,"Dan TUHAN
Allah membuat
pakaian dari kulit
binatang untuk
manusia dan untuk
isterinya itu, lalu
mengenakannya
kepada mereka.";
pertanyaannya
mengapa Allah
membuat pakaian dari
kulit binatang untuk
Adam dan Hawa?
Jawabannya adalah
harus ada darah yang
tertumpah untuk
pengampunan dosa
dan itu terjadi lewat
pemotongan binatang
saat itu.
Kita telah membahas
mengenai 4 alasan
mengapa TUHAN siap
melakukan apapun
untuk mengampuni
dosa-dosa kita dan
kini kita akan
membahas mengenai
4 alasan mengapa
dosa harus ditebus
dengan darah, yaitu:
1) Dosa itu mahal
Rasul Petrus berkata
dalam I Pet
1:18-19,"Sebab kamu
tahu, bahwa kamu
telah ditebus dari cara
hidupmu yang sia-sia
yang kamu warisi dari
nenek moyangmu itu
bukan dengan barang
yang fana, bukan pula
dengan perak atau
emas, melainkan
dengan darah yang
mahal, yaitu darah
Kristus yang sama
seperti darah anak
domba yang tak
bernoda dan tak
bercacat."; ini berarti
dosa harus ditebus
dengan darah, karena
dosa itu mahal.
2) Dosa
menyengsarakan
hidup kita
Tuhan Yesus berkata
dalam Yoh
10:10a,"Pencuri datang
hanya untuk mencuri
dan membunuh dan
membinasakan."; ini
berarti dosa harus
ditebus dengan darah,
karena dosa
menyengsarakan
hidup kita.
3) Dosa menjebak
hidup kita
Rasul Paulus berkata
dalam Ef
6:11,"Kenakanlah
seluruh perlengkapan
senjata Allah, supaya
kamu dapat bertahan
melawan tipu
muslihat Iblis." dan
Rasul Petrus berkata
dalam I Pet
5:8,"Sadarlah dan
berjaga-jagalah!
Lawanmu, si Iblis,
berjalan keliling sama
seperti singa yang
mengaum-aum dan
mencari orang yang
dapat ditelannya."; ini
berarti dosa harus
ditebus dengan darah,
karena dosa
menjebak hidup kita.
4) Dosa hanya dapat
diselesaikan dengan
darah Kristus
Rasul Petrus berkata
dalam I Pet
1:18-19,"Sebab kamu
tahu, bahwa kamu
telah ditebus dari cara
hidupmu yang sia-sia
yang kamu warisi dari
nenek moyangmu itu
bukan dengan barang
yang fana, bukan pula
dengan perak atau
emas, melainkan
dengan darah yang
mahal, yaitu darah
Kristus yang sama
seperti darah anak
domba yang tak
bernoda dan tak
bercacat."; suka tidak
suka kita harus
menerima kebenaran
ini yaitu bahwa dosa
hanya dapat
diselesaikan dengan
darah Kristus dan
tanpa darah Kristus,
tak akan pernah
terucap,"Sudah
selesai!" bagi dosa
kita.
GBU and family
always, my sisters
and brothers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar