Selasa, 21 September 2010

PENJARA MASA LALU

Bacaan : Filipi 3:4-14
Setahun: Pengkhotbah
4-6; 2 Korintus 12
Nats: ... tetapi inilah
yang kulakukan: Aku
melupakan apa yang
telah
di belakangku dan
mengarahkan diri
kepada apa yang di
hadapanku
(Filipi 3:13)
Judul:
PENJARA
MASA LALU
Tidak sedikit orang
yang secara fisik hidup
pada masa sekarang,
tetapi hati dan
pikirannya masih berada
pada masa lalu. Seorang
gadis yang terus
terkenang dengan pacar
lamanya, sehingga ia
tidak
bisa bahagia dengan
pacarnya yang
sekarang. Seorang
pemuda yang
terus dikejar
penyesalan karena pada
masa lalu ia pernah
melakukan
tindakan sangat
tercela. Sungguh,
betapa tidak
nyamannya hidup dalam
"penjara masa lalu".
Sangat menyesakkan.
Secara manusiawi,
Rasul Paulus punya
"alasan" untuk terus
menyesali
masa lalunya. Ia pernah
menjadi penganiaya
orang kristiani (Kisah
Para Rasul 9:1, 2). Lalu
ia bertobat dan menjadi
seorang pekabar
Injil yang gigih dan
teguh. Namun, apa yang
ia alami kemudian?
Tidak
melulu kegembiraan
dan kemudahan,
sebaliknya tidak sedikit
bahaya
dan penganiayaan (2
Korintus 11: 23-26).
Namun, Rasul Paulus
tidak membiarkan
dirinya terjebak dalam
penjara
masa lalu. Ia
melupakan segala
kepahitan dan
penyesalan akan masa
lalunya. Dan,
mengarahkan diri
kepada apa yang di
hadapannya, kepada
visi hidupnya. Itulah
sebabnya ia selalu tegar
dan teguh; pun di
tengah tantangan dan
hambatan yang
menerpanya.
Betapa pun masa lalu
yang telah kita alami-
manis atau pahit-
semuanya
sudah berlalu. Dan,
hidup kita tidak pernah
surut ke belakang. Masa
lalu baik untuk kita
jadikan cermin, tetapi
akan tidak baik kalau
terus-menerus kita
"pegang". Sebuah
ungkapan bijak: Kemarin
adalah
kenangan, esok adalah
misteri, hari ini adalah
kenyataan --AYA
JANGAN
SIA-SIAKAN MASA KINI
HANYA UNTUK
SEBUAH MASA LALU
YANG SUDAH MATI
e-RH Situs: http://
renunganharian.net/
utama.php
?
tanggalnya=2010-09-20
e-RH arsip web:
http://
www.sabda.org/
publikasi/e-
rh/2010/09/20/

++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++++
Ayat Alkitab:
http://
alkitab.sabda.org/?Filipi
+3:4-14

Filipi 3:4-14
4 Sekalipun aku juga
ada alasan untuk
menaruh percaya pada
hal-hal
lahiriah. Jika ada
orang lain menyangka
dapat menaruh percaya
pada
hal-hal lahiriah, aku
lebih lagi:
5 disunat pada hari
kedelapan, dari bangsa
Israel, dari suku
Benyamin, orang
Ibrani asli, tentang
pendirian terhadap
hukum
Taurat aku orang
Farisi,
6 tentang kegiatan
aku penganiaya jemaat,
tentang kebenaran
dalam
mentaati hukum
Taurat aku tidak
bercacat.
7 Tetapi apa yang
dahulu merupakan
keuntungan bagiku,
sekarang
kuanggap rugi karena
Kristus.
8 Malahan segala
sesuatu kuanggap rugi,
karena pengenalan akan
Kristus Yesus,
Tuhanku, lebih mulia
dari pada semuanya.
Oleh
karena Dialah aku
telah melepaskan
semuanya itu dan
menganggapnya
sampah, supaya aku
memperoleh Kristus,
9 dan berada dalam
Dia bukan dengan
kebenaranku sendiri
karena
mentaati hukum
Taurat, melainkan
dengan kebenaran
karena
kepercayaan kepada
Kristus, yaitu kebenaran
yang Allah anugerahkan
berdasarkan
kepercayaan.
10 Yang kukehendaki
ialah mengenal Dia dan
kuasa kebangkitan-Nya
dan
persekutuan dalam
penderitaan-Nya, di
mana aku menjadi
serupa
dengan Dia dalam
kematian-Nya,
11 supaya aku
akhirnya beroleh
kebangkitan dari antara
orang mati.
12 Bukan seolah-olah
aku telah memperoleh
hal ini atau telah
sempurna, melainkan
aku mengejarnya,
kalau-kalau aku dapat
juga
menangkapnya,
karena akupun telah
ditangkap oleh Kristus
Yesus.
13 Saudara-saudara,
aku sendiri tidak
menganggap, bahwa
aku telah
menangkapnya,
tetapi ini yang
kulakukan: aku
melupakan apa yang
telah di belakangku
dan mengarahkan diri
kepada apa yang di
hadapanku,
14 dan berlari-lari
kepada tujuan untuk
memperoleh hadiah,
yaitu
panggilan sorgawi
dari Allah dalam Kristus
Yesus.
Bacaan Alkitab Setahun:
http://
alkitab.sabda.org/?
Pengkhotbah+4-6

http://
alkitab.sabda.org/?
2Korintus+12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar