Senin, 14 Juni 2010

" B E R K A T " (Rut:16-17)

Setiap orang di dunia ini ingin memperoleh berkat atau kesuksesan dalam hidup. Tapi, banyak orang tidak tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan berkat tersebut. Bahkan mereka cenderung melakukan cara yang salah untuk mendapatkan berkat tersebut, seperti pergi ke dukun, paranormal, merampok, atau melakukan korupsi.
Rut mengajarkan kita bagaimana cara yang benar untuk mendapatkan berkat sebut. Bagaimanakah cara Rut sehingga ia memperoleh berkat yang luar biasa tersebut?
Belajar dari kehidupannya menurut ayat ini ada tiga cara bagaimana Rut mendapatkan berkat tersebut.
1. Dia mempunyai iman.
Iman adalah sesuatu yang tidak kita lihat, tapi kita percaya. Dalam kedua ayat ini sangat jelas menunjukkan iman yang luar biasa dari Rut. Dimana dia tidak mau pergi meninggalkan ibu mertuanya, tetapi tetap berada disisinya. Padahal kalau dia mau, dia bisa menikah lagi, karena mertuanya juga mengijinkannya.
Sama ketika Abraham keluar dari tanah kelahirannya untuk pergi ke tanah perjanjian dimana ia sama sekali belum pernah lihat,tapi ia percaya kepada Tuhan.
2. Dia mempunyai keberanian.
Dari kedua ayat ini jelas terlihat suatu sikap yang sangat berani. Sebagai seorang janda, dia berani mengambil suatu keputusan yang mengubah hidupnya. Dia pergi ikut mertuanya ke Betlehem, tanah dimana ia belum pernah datangi dengan meninggalkan tanah leluhurnya, keluarganya dan segala apa yang ia miliki.
Seringkali kita gagal atau tidak berhasil dalam hidup karena kita sudah merasa aman dengan keadaan yang kita miliki sekarang. Kita takut untuk merubah yang tanpa disadari akhirnya membuat kita gagal.
3. Dia mengenal Allah yang benar.
Dalam ayat 16 dikatakan "Allahmulah, Allahku" ini menunjukkan bahwa Rut mengenal Allah Israel dengan baik. Saya percaya mertua Rut dan almarhum suaminya pasti sudah menceritakan bagaimana Allah Israel bekerja luar biasa atas bangsa Israel.
Jika kita mengenal Allah yang benar dan hidup bersekutu, intim dengan Dia, saya percaya hidup kita akan diubahkannya. Bahkan yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya itu yang Tuhan beri.
Tuhan Yesus memberkati.

Blessing Family Centre Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar